Traveling Di Karanganyar Melihat Keindahan Air Terjun Paling Terkenal

Traveling Di Karanganyar Melihat Keindahan Air Terjun Paling Terkenal

Kojiki. – Wisata alam air terjun adalah salah satu tujuan wisata paling populer bagi wisatawan. Kabupaten Karanganyar adalah salah satu kabupaten wisata alam. Dari wisata budaya, pendakian, kebun teh, kuil dan air terjun. Kabupaten Karanganyar, di Jawa Tengah, memiliki banyak air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Wisata air terjun di Karanganyar memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga sangat tepat untuk Anda kunjungi. Kali ini, saya akan membahas pariwisata air terjun khusus. Karena selama ini, air terjun yang terkenal adalah air terjun Grojogan Sewu.

Padahal, sudah banyak pengunjung dari luar kota bahkan dari luar negeri. Selain itu, air terjun Jumog dan Parang Ijo juga terkenal, tetapi sayangnya mereka hanya terbatas pada wisatawan lokal. Bahkan, ketika Anda menjelajahi lebih dalam, Karanganyar memiliki banyak air terjun lain yang tidak kalah dengan Grojogan Sewu. Hanya saja sejauh ini pemerintah belum menanggapinya dengan serius. Karena tempat itu di daerah pedesaan, itu membutuhkan lebih banyak publikasi. Ya, banyak air terjun berada di bawah naungan pepohonan di pedesaan. Jadi, sangat cocok untuk backpacker yang ingin mencoba trek baru.

Traveling Di Karanganyar Melihat Keindahan Air Terjun Paling Terkenal

1. Air Terjun Parang Ijo

Parang Ijo adalah wisata lain yang cukup terkenal. Air Terjun Parang Ijo terletak di kawasan wisata Kebun Teh Kemuning. Karenanya mudah diakses dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Sesuai dengan namanya, air terjun Parang Ijo terletak di antara dua tebing yang agak tinggi dan di atas tebing yang ditutupi banyak lumut hijau. Di sekitar kawasan wisata air terjun Parang Ijo, Anda bisa menikmati objek lain yang tak kalah menarik. Anda dapat melihat situs Lingga Yoni dan Puri Saraswati, situs warisan Hindu.

Untuk mengagumi pemandangan di sekitar air terjun, sebuah pos pengamatan sangat cocok untuk mereka yang suka selfie. Air terjun unik di Karanganyar ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang sudah jenuh dengan Grojogan Sewu. Wisata Air Terjun Parang Ijo juga menyediakan fasilitas menarik untuk Anda mainkan. Untuk orang dewasa, ada permainan terbang yang akan memicu adrenalin Anda. Permainan ini sangat mudah digunakan untuk Anda karena hanya sepuluh ribu untuk setiap penerbangan. Sementara untuk anak-anak, ada fasilitas bermain untuk anak-anak yang menawarkan banyak permainan.

2. Air terjun Grojogan Sewu

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Grojogan Sewu adalah tujuan wisata populer Air Terjun Karanganyar. Karena hampir semua orang yang bepergian ke Karanganyar harus pergi ke Tawangmangu dan Grojogan Sewu. Akses jalan ke Grojogan Sewu cukup mudah karena dekat dengan terminal Tawangangu. Seperti namanya, Grojogan Sewu memiliki banyak air terjun, meskipun hanya satu air terjun yang memiliki aliran air besar. Air terjun terbesar memiliki ketinggian 81 meter dengan air dari Kalisamin. Dengan demikian, air yang jatuh membentuk kabut lembut dan sangat menawan. Selain itu, debit air tidak pernah habis, bahkan selama musim kemarau. Karena itu sangat cocok untuk bepergian kapan saja.

Untuk sampai ke lokasi, Anda dapat melewati dua jalur. Jika Anda masuk dari tempat parkir utama, Anda akan melewati banyak tangga. Tapi tenang, jika Anda lelah bisa beristirahat di gerai Warung. Anda dapat menikmati sate kelinci dan sate ayam yang sangat khas. Sementara jika Anda melewati garis kedua, jalan akan lebih dekat, sehingga tidak akan memakan banyak waktu untuk berjalan. Jika Anda mengunjungi Grojogan Sewu, Anda dapat membeli di Tawangmangu, Molen Pisang. Molen Tawangmangu memiliki rasa yang sangat khusus, tidak seperti pisang molen pada umumnya.

3. Air terjun Pringgodani

Seperti ngarai yang indah dan menawan di Kalimantan, air terjun Pringgodani tersembunyi di balik hutan dan tebing tinggi di dalam Karanganyar. Anda akan tercengang ketika tiba di air terjun utama. Kabut lembut air tebing tinggi disertai dengan lingkungan hijau dan sejuk yang terlalu indah untuk dihargai. Sinar matahari menembus tebing tinggi dan dedaunan pohon-pohon tinggi menciptakan pemandangan yang semakin tak terbayangkan. Air terjun Pringgodani memang cukup tinggi, hampir identik dengan Grojogan Sewu. Namun aliran air tidak terlalu deras, sehingga air yang jatuh membentuk kabut ringan. Jika Anda datang ketika matahari bersinar dan menembus pepohonan, Anda bisa melihat pelangi di depan Anda. Anda tidak perlu melihat langit untuk melihat pelangi karena sangat dekat dengan Anda.

4. Air terjun Jumog

Air terjun Jumog adalah air terjun terendah di antara air terjun lainnya. Posisinya hanya beberapa kilometer dari terminal Karangpandan Karanganyar. Anda dapat menemukan wisata air terjun Jumog di pintu masuk kawasan wisata Ngargoyoso Karanganyar. Karena itu sangat mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari jalan utama. Area air terjun Jumog tidak terlalu luas, tetapi aliran air diatur untuk menciptakan nilai yang lebih khas. Bagi yang gemar fotografi, Anda bisa menggunakan aliran air di atas bebatuan untuk membuat air terjun eksposur panjang. Kanan dan kiri, di sepanjang jalur air sebuah taman dan area lounge.